Cara memperbaiki Windows update yang stuck/Macet atau berhenti ditengah jalan

Sistem operasi windows biasanya akan melakukan update secara otomatis. Update ini berguna untuk menambah fitur ataupun memperbaiki bugs. Namun ternyata proses update windows ini tidak berjalan dengan lancar. Berikut adalah ciri – ciri pesan yang muncul ketika proses update windows hang atau  berhenti :

  • Preparing to configure Windows.
  • Working on Updates. (% of update completed)
  • Please do not power off or unplug your machine.
  • Getting your Windows ready.
  • Restarting

Jika kami menemukan pesan seperti ini maka untuk memperbaiki bisa melakukan hal berikut:

  • Ctrl + Alt + Del

Ini dapat membantu Anda kembali ke layar masuk Windows jika Pembaruan Windows berhenti atau stuck/macet. Instalasi akan tetat dilanjutkan di dibelakang bahkan setelah Anda masuk ke Windows. Jika instalasi sudah selesai, Anda dapat memeriksanya dari  start menu pilih opsi ‘update and restart’ atau ‘update and shut down’ .

  • Hidupkan perangkat di safe mode

Untuk melakukan boot dalam safe mode, silahkan menahan tombol power selama 5-10 detik hingga perangkat mati, lalu tekan kembali tombol power dan terus menekan tombol F8. Kemudian akan muncul Advance Menu. Pilih menu Safe Mode dengan meneekan tombol panah atas / bawah dari keyboard. Periksa status Windows Update dan hidupkan lagi windows secara normal. Anda dapat memilih opsi ini jika Anda menavigasi ke Advanced Boot atau Pengaturan Startup pada metode sebelumnya.

  • Merestore Perangkat

Jika tidak ada metode di atas yang menyelesaikan masalah maka Anda dapat melanjutkan dengan Pemulihan Sistem. Ini akan mengembalikan perangkat ke perubahan yang dibuat sebelum Pembaruan Windows. Untuk memulihkan komputer, Anda harus mem-boot perangkat kembali pada Safe Mode. Pilih titik pemulihan terakhir sebelum Pembaruan Windows dan Pulihkan perangkat.

  • Periksa konfigurasi perangkat

Ini adalah salah satu penyebab Pembaruan Windows macet. Jika Anda memiliki perangkat yang berusia lebih dari 5-7 tahun, mungkin tidak kompatibel untuk memperbarui Windows dengan perangkat keras di dalamnya. Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa RAM, mencari BIOS yang diperbarui, dll.

  • Instal ulang Windows

Jika masalahnya tidak dapat dipecahkan dengan salah satu solusi ini maka Anda dapat menginstal ulang sistem operasi pada perangkat Anda. Anda dapat menginstal OS dari perangkat eksternal seperti Pendrive, HDD, DVD dll. Pilih drive yang sesuai di mana Anda perlu menginstal Windows.

 

Sumber

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *