10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet dengan Lakukan Tips Ini!

Oleh: Rizky Mubarak

Izky.com, Masih meremehkan kondisi hidung tersumbat atau hidung mampet? Kenyataannya, kondisi hidung mampet ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu aktivitasmu. Perasaan yang tidak nyaman inilah yang akhirnya akan membuat kamu mencari sejuta cara untuk mengatasi hidung tersumbat secara cepat dan tepat.

Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat tentu saja menghindari pemicu dan penyebab kondisi ini. Penyebabnya ternyata bisa berasal dari sekeliling lingkungan. Mulai dari debu sampai asap, berbagai pemicu tersebutlah yang akhirnya menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit dan menimbulkan gejala hidung tersumbat.

Saat kamu mengalami hidung tersumbat, jangan terburu-buru panik. Kamu bisa melakukan sejumlah cara untuk meredakan gejala tersebut agar pernapasan kembali plong. Namun ingat, ketika gejala sudah membaik, berusahalah untuk memperkuat imunitas dan menjauhkan diri dari penyebab hidung mampet agar gejala yang mengganggu ini tidak kembali datang.

Hidung Tersumbat Adalah Gejala Munculnya Penyakit

Berbagai polusi udara, seperti asap kendaran sampai paparan asap rokok, rentan menimbulkan iritasi yang membuat masalah pada saluran pernapasan dan memicu hidung tersumbat. Begitu pula dengan taburan debu.

Terpapar berbagai partikel tersebut pada akhirnya menyeretmu ke berbagai kondisi kesehatan di bawah ini yang salah satu gejala kuatnya adalah hidung mampet.

Batuk Pilek

Hidung mampet sering menjadi gejala yang menjadi penanda kamu sedang mengalami batuk pilek. Biasanya, hidung tersumbat yang disebabkan kondisi kesehatan ini bisa berlangsung 7—10 hari dan dapat sembuh dengan sendirinya. Keluhan batuk pilek bisa disebabkan oleh banyak hal. Paparan benda asing, seperti debu dan asap, sampai infeksi virus maupun bakteri dapat menjadi sumber peradangan di saluran napas bagian atas sehingga memunculkan batuk pilek.

Influenza

Flu atau influenza merupakan kondisi ketika ada paparan virus yang menyerang bagian sistem pernapasanmu. Bagian sistem pernapasan yang diserang bisa dari tenggorokan, hidung sampai paru-paru. Di mana bagian yang diserang, influenza kerap menimbulkan kondisi hidung tersumbat. Gejala influenza bisa sembuh dengan sendirinya, namun juga bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan. Karena itu, jika hidung tersumbat akibat influenza tidak kunjung sembuh dalam 10 hari, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Sinusitis Akut

Sinusitis merupakan peradangan jaringan hidung yang membuat rongga hidung menyempit. Sinusitis akut biasanya terjadi ketika gejala peradangan telah berlangsung lebih dari 10 hari. Pada saat itu, penyempitan rongga akan meningkatkan produksi lendir di hidung sehingga membuat kamu seperti kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Tidak jarang, sinusitis akut berkembang dari kondisi batuk pilek yang tidak kunjung membaik.

Alergi

Banyak penyebab alergi. Kamu bisa mengalami alergi karena terpapar debu atau asap. Tubuh juga bisa mengalami alergi ketika mengonsumsi makanan tertentu. Semua penyebab alergi tersebut dikenal sebagai alergen. Alergi sendiri tidak hanya memicu kondisi gatal-gatal di kulit. Banyak kejadian ketika alergi memicu peningkatan produksi lendir pada sistem pernapasan. Lendir yang jumlahnya terlalu banyak inilah yang akhirnya menimbulkan kondisi hidung mampet.

Rhinitis Non-alergi

Rhinitis, atau peradangan di hidung, bisa terjadi karena alergi. Namun selain itu, peradangan di saluran hidung juga bisa muncul tanpa dipicu oleh alergi. Kondisi rhinitis non-alergi ini biasanya disebabkan oleh paparan bau-bauan atau obat-obatan tertentu. Paparan tersebut akan membuat peradangan yang memicu bersin-bersin, peningkatan lendir di hidung, sampai akhirnya menimbulkan gejala hidung mampet. Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter jika sering mengalami hidung tersumbat karena rhinitis non-alergi. Pasalnya, rhinitis non-alergi kerap berhubungan dengan masalah kesehatan tertentu.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi hidung tersumbat pun tidak harus menunggu dengan pasrah sampai penyebab hidung mampet hilang dan pernapasan kembali lega. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat tanpa harus dengan berobat ke dokter. Kamu bisa melakukan beberapa cara meredakan keluhan hidung tersumbat hanya dari rumah dan menggunakan perlengkapan yang sederhana seperti di bawah ini:

  1. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih mudah menebal apabila kamu merasa kedinginan atau saat suhu tubuh menurun. Karena itu, jika kamu sudah merasakan hidung mampet, cobalah meredakannya dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Kamu bisa mematikan air conditioner maupun kipas angin untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga ditambah dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika tidur. Mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung mampet.

  1. Menghirup Uap Hangat

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat bahkan dengan segelas air panas. Cukup masak air panas sampai mendidih dan taruhlah pada wadah yang aman. Taruhlah wajahmu di hadapan wadah air panas tersebut, lalu secara perlahan hiruplah uang hangatnya. Uap tersebut akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung mampet. Untuk hasil lebih efektif, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah memarkan ke wadah air panas tersebut. Uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih terkenal efektif membunuh bakteri maupun jamur yang bisa jadi ikut memperparah kondisi hidung tersumbat yang kamu alami.

  1. Menggunakan Pelembap Udara

Tidak ada salahnya membeli dan menggunakan alat pelembap udara, atau biasa disebut dengan humidifier, jika kamu sering mengalami keluhan hidung tersumbat. Alat pelembap udara yang dipasang di kamar atau ruanganmu dapat menjadikan udara di sekitar menjadi lebih lembap. Keuntungannya, udara yang lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung mampet pun dijamin berkurang.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Ketika hidung mampet menyerang, cobalah mengonsumsi lebih banyak cairan. Masuknya cairan ke dalam tubuhmu akan membuat kekentalan lendir di hidung berkurang. Dengan demikian, lendir tersebut tidak akan terlalu menutupi rongga hidung dan kamu pun bisa bernapas lebih lega. Namun tentunya, tidak sembarangan cairan yang bisa membuat kamu mengatasi hidung tersumbat. Air putih dengan suhu yang hangat sangat dianjurkan. Yang tidak disarankan adalah mengonsumsi air dingin karena justru akan membuat lendir di hidung semakin sulit mencair.

  1. Keluarkan Lendir di Hidung

Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir (mucus), atau yang sering disebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu.

Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut.

Namun usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena malah akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah menutup salah satu lubang hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.

  1. Menggunakan Dekongestan

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat bebas yang bisa dibeli di mana saja. Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan. Obat jenis ini memiliki sifat zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung, dan peradangan inilah yang membuat hidung tersumbat. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara disemprotkan ke hidung.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Saran untuk mandi dengan air hangat akan banyak kamu terima ketika kamu mengalami hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan sangat ampuh untuk kamu yang mengalami hidung mampet karena gejala batuk dan pilek.

Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan. Ketika lendir sudah menipis atau bahkan hilang, kamu pun bisa bernapas dengan normal lagi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri, seperti sabun cair Lifebuoy untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menimbulkan peradangan di saluran pernapasanmu terbasmi dengan maksimal.

  1. Mengonsumsi Obat Antihistamin

Penyebab hidung tersumbat ada beraneka rupa, salah satunya adalah gejala alergi. Untuk kamu yang merasa hidung mampet karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi. Hanya saja, obat antihistamin menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang kuat. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya ketika mau beraktivitas yang butuh konsentrasi, seperti menyetir ataupun bekerja.

  1. Mengoleskan Minyak Eucalyptus

Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat diminum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak disarankan karena dikhawatirkan efek sampingnya.

  1. Mengonsumsi Teh Herbal

Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang. Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil diiringi dengan musik ataupun ditemani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat.

Penyebab hidung tersumbat salah satunya adalah paparan virus yang bisa menyebabkan influenza. Mandi air hangat dengan sabun cair Lifebuoy yang bersifat antibakteri terbukti efektif membunuh kuman dan virus yang ada di tubuhmu. Jadi, kemungkinan mengalami hidung tersumbat yang melelahkan pun bisa dikurangi.

Salah satu rekomendasi produk sabun Lifebuoy untuk mencegah dan mengatasi hidung tersumbat adalah sabun cair Lifebuoy Total 10. Dengan formula Activ Silver+ yang telah dipatenkan, sabun cair ini mampu mengusir kuman penyebab 10 jenis infeksi kulit. Risiko terkena hidung tersumbat pun mampu dikurangi dengan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Sumber : https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *